Minggu, 14 Desember 2008

Pernah ke Ma'had Al Zaytun?

















Pernah dengar pondok pesantren Ma'had Al Zaytun?? Itu lho, yang katanya merupakan ponpes bertaraf internasional dan termegah se-Asia Tenggara? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung kesana?

Pesantren Ma'had Al Zaytun adalah pondok pesantren  yang berada di kawasan desa Mekarjaya, Gantar - Indramayu, Jawa Barat. Letak ponpes megah ini kurang lebih sekitar 11 km di sebelah tenggara Haurgeulis.

Ponpes yang didirikan pada tahun 1996 ini berdiri megah di atas areal tanah seluas 1200 ha. Ditengah banyaknya isu miring mengenai tempat pendidikan ini, ternyata ada banyak hal menarik yang terdapat disana. 

Salah satu perbedaan antara Al Zaytun dengan ponpes-ponpes yang lainnya adalah ketersediaannya semua SDA yang diproduksi sendiri. Al Zaytun memiliki lahan khusus seluas 1000 ha yang digunakan untuk lahan perkebunan, peternakan, holtikultura dan beberapa industri lain sebagai penunjang . Di ponpes ini juga terdapat stadion olahraga, danau buatan, tempat pembelanjaan, restoran, dan masjid megah yang diberi nama Rahmatan lil'Alamin, yang konon kelak merupakan salah satu masjid terluas dan tertinggi di dunia. Apa iya???




-----------------------------

Nah, jika Anda ingin berkunjung kesana namun tidak paham dengan rute perjalanannya, berikut ada sedikit tips panduannya :




Jika Anda datang dari arah selatan (Sumedang & Majalengka) atau jalan raya Cikamurang (Palimanan - Sanca - Bantarwaru - Subang), ambil jalur ke utara pada pertigaan Sanca. Pertigaan tersebut mempertemukan 3 jalur, yaitu Cirebon, Subang dan Indramayu (Al Zaytun).

Rute perjalanan Sanca - Gantar sekitar 8 km, dengan kondisi jalan sampai saat ini cukup rusak (menunggu proses perbaikan).
Tepat sebelum Anda berada di pertigaan Gantar, ambil arah ke timur (belok kanan). Ini adalah jalan utama / pintu gerbang menuju Al Zaytun.

Jika Anda datang dari arah pantura, berhentilah di Patrol (sekitar pasar). Disana ada jalur ke selatan menuju Haurgeulis, dengan jarak tempuh Patrol-Haurgeulis sekitar 12 km. Ambil jalur tersebut. 

Jika Anda menggunakan kereta api, turunlah di stasiun Haurgeulis. Disini Anda bisa langsung mengambil arah ke timur (lewat depan pasar Haurgeulis, menuju arah Alun-alun).
  • Dari kota Haurgeulis (bundaran HI, utara Alun-alun), ambil jalur ke arah Gantar. Disitu Anda akan melalui Jl. Siliwangi + Jl. Raya Haurgeulis - Gantar sepanjang kurang lebih 8 km. Hati-hati jika melewati jalur ini karena keadaan jalan yang rusak.
  • Ketika sampai di pertigaan Gantar, ambil arah ke selatan (belok kanan). Awas, jangan sampai salah arah (Gantar belok kiri)... :D. Sekitar beberapa meter setelah tikungan, ambil jalur ke kiri lagi (ke arah timur).
  • Terussss saja.  Permukaan jalan disini lumayan bagus.
  • Setelah kurang lebih 2,5 km, Anda akan melewati sebuah jembatan sungai kecil dengan pagar dinding kokoh di depannya. Ya, Anda telah sampai di kawasan Ma'had Al Zaytun




---------------------------------------------

Hmmm.., apakah Anda ingin mencoba mengunjunginya?




3 komentar:

ughie mengatakan...

udah tau kan aku orang dermayu

bahtiar@gmail.com mengatakan...

Semoga Al Zaytun menjadi kebanggaan warga Indramayu

Salam
bahtiar
mantan nka nii kw 9
hp : 08132 8484 289
email : bahtiar@gmail.com
web : http://niikw9.wordpress.com

Kurniawan mengatakan...

mo nanya, di ponpes azzaytun apa iya ada pohon zaitun?
please confirm to my number 085697602130 ato email di iwan.060201@gmail.com
i need it 4 my skripsi,sukron

Template by - Abdul Munir - 2008