Rabu, 03 Desember 2008

Haurgeulis..., dimana sih????


Haurgeulis, sebuah kota kecamatan yang terletak di ujung barat Kabupaten Indramayu.

Haurgeulis mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat suku jawa di Jawa Barat (maksudnya itu orang Jawa Barat, tp ngomongnya pake basa Jawa. Ingat lho, sekali lgi Basa Jawa, bukan Jowo!). Haurgeulis juga dilintasi oleh jalur kereta api yang menghubungkan kota-kota lainnya di pulai Jawa. Bagi kalian yang berasal dari kawasan Tegal, Brebes, Cirebon atau Indramayu bagian timur, yang sering bolak-balik ke ibukota Jakarta dengan menggunakan spoor, tentu pasti akrab dengan nama Haurgeulis.

Kota Haurgeulis memang tidak terletak pada Jalur Pantura seperti kota-kota penting lainnya di Indramayu.
Haurgeulis berada pada jalur alternatif yang menghubungkan Jalur Pantura dengan Jalur Tengah Pulau Jawa (Purwakarta - Subang - Cikamurang - Palimanan - Cirebon).

Ini mungkin keunikan dari Haurgeulis. Berada pada wilayah yang sebenarnya tidak terlalu strategis, tapi kota ini (kota apaan?? masih bnyak kampungnya ko'..) termasuk salah satu yang terramai di wilayah Kabupaten Indramayu. Apalagi jika hari menjelang malam. Wuuuiihh, suuasana di Haurgeulis memang terasa sangat mengasyikkan. Ramainya lalu lalang kendaraan, deretan tempat perbelanjaan, barisan pedagang kaki lima, dan kilauan cahaya lampu penerang jalan seakan membuat kita ingin bersantai-santai di jalanan kota. Ditambah lagi, ABG-ABG nya yang so' gaul itu, membuat kota ini seakan menjadi lebih hidup. Tapi jangan dibandingkan suasana malam dengan siang di Haurgeulis. Cuacanya itu lho.., puaannnaass buanget !! Maklum lah, masih dekat dengan pantura.

***

Ini mungkin sekilas pandang mengenai Haurgeulis, sebuah kecamatan yang berusaha menjadi kota dengan apa adanya.



Kota Haurgeulis dari atas (ketinggian 704 meter).



Haurgeulis dari citra satelit. Tampak jauh berada di barat Kota Indramayu dan lebih dekat dengan Kota Subang.


2 komentar:

olhodopombo mengatakan...

Interessanting

katak_terlaknat mengatakan...

terkadang orang bicara tentang haurgeulis yg umum2 saja.sisi gelap,sisi terang,kehidupan komunitas bawah tanah terkadang bahkan sama skli tak pernah dibicarakan.saya hidup di era dimana komunitas undergroun masih lagi sesuatu hal yg tabu.tp skrang,masyarakat sudah tau tentangnya.di era 99-2oo4 dimana revolusi bawah tanah terjadi di kota ini.saya pernah mengadakan event spt bersatu satukan jiwa,music for unity ke 1 n 2,parade musik amal.tp sayangdokumen yg saya ada kurang komplit.sekiranya anda memiliki sebarang dokument,saya harap kita bsa sharing........

Template by - Abdul Munir - 2008